Roadmap eCommerce ala Pemerintah Indonesia

Di akhir bulan November 2016 silam, pemerintah telah mengumumkan berita yang menggembirakan bagi pebisnis eCommerce di Indonesia. Roadmap untuk eCommerce di tahun 2017 akan digarap secara serius. Melalui program ini, pemerintah berharap dapat membantu mewujudkan target nilai e-Commerce hingga US$ 130 milyar (sekitar Rp 1.756 triliun) di tahun 2020 mendatang.

Berikut merupakan beberapa hal penting yang menjadi bagian dari roadmap e-Commerce tersebut:

  1. Pembiayaan

Untuk mendukung Roadmap eCommerce, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menyisihkan dana USO (Universal Service Obligation) untuk diberikan kepada UKM digital dan eCommerce. Perlu diketahui sebelumnya, dana USO sendiri merupakan dana yang didapatkan pemerintah dari berbagai perusahaan telekomunikasi untuk membangun sarana infrastruktur.

Selain menggunakan dana USO, dalam rangka Roadmap eCommerce, pemerintah pun akan membangun program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Pun mendukung program crowdfunding serta angel investor sebagai sumber dana lain yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis eCommerce.

  1. Pendidikan dan Sumber Daya Manusia

Melalui Roadmap eCommerce, pemerintah ingin membangun kesadaraan masyakarat mengenai peranan eCommerce terhadap ekonomi di Indonesia. Pemerintah berniat membangun program inkubator nasional, yang nantinya akan berjalan dengan dana hibah. Pemerintah akan memberikan edukasi serta sosialisasi eCommerce kepada konsumen, pebisnis eCommerce, serta para aparat hukum. Dan salah satu perwujudannya, pemerintah berencana merancang kurikulum eCommerce di berbagai sekolah.

  1. Perpajakan

Jika sebelumnya para pebisnis eCommerce sempat mengeluh terhadap berbagai aturan pajak yang diberlakukan untuk eCommerce. Pada Roadmap eCommerce, pemerintah mengumumkan bahwa mereka akan menyederhanakan aturan pajak tersebut. Aturan akan dijalankan untuk pelaku eCommerce dengan omzet di bawah Rp 4,8 milyar. Pemerintah juga menyatakan bahwa aturan pajak yang berlaku untuk pemain lokal, akan diberlakukan juga untuk para pebisnis eCommerce asing.

  1. Infrastruktur & Logistik

Dari segi infrasktrutur, pemerintah berjanji untuk membangun berbagai perangkat digital seperti jaringan broadband dan platform gateway nasional. Sedangkan dari sisi logistik, akan dilakukan peningkatan kecepatan pengiriman logistik ke seluruh penjuru nusantara.

  1. Cyber Security

Demi mencegah berbagai tindak kejahatan online, pemerintah bertekad untuk membuat prosedur standar mengenai penyimpanan dan sertifikasi data konsumen. Selain itu, pemerintah pun akan membangun sistem pengawasan nasional untuk memonitor transaksi-transaksi yang dilakukan pada website eCommerce.