Mengapa Single-Page Website Menjadi Tren Masa Kini?

Menjawab kebutuhan desain website di masa kini, rupanya tema single-page website menjadi semakin diminati oleh kebanyakan kalangan. Bahkan korporasi besar, yang biasanya gemar menggunakan desain website kompleks, kini tengah gencar membangun microsite dengan desain sederhana. Melalui microsite, target market menjadi lebih spesifik, berikut dengan kebutuhan para pengunjungnya.

Lantas, mengapa single-page website? Mengapa single-page website memiliki daya tarik sendiri di kalangan para klien?

Single-page website terbukti memiliki banyak keunggulan. Pertama, sistem navigasinya yang mudah, mampu menarik minat visitor untuk mendapatkan pengalaman berbelanja pada perangkat komputer maupun smartphone. Visitor tidak perlu berpindah laman untuk mendapatkan informasi yang mereka perlukan. Cukup scroll ke bawah dan ke atas. Cepat, simpel, dan tentunya menghemat pengeluaran kuota.

Selain dari segi kenyamanan penggunaan, single-page website pun memudahkan developer dalam melakukan perawatan berkala. Dengan demikian, sebagai pemilik bisnis, Anda pun dapat meminimalisir biaya pengeluaran.

 

Desain Responsif

Credit: www.dtelepathy.com

Dengan mengedepankan desain yang sederhana, single-page website juga memberikan solusi baru kepada klien. Desain menjadi optimal, tak terkecuali saat diakses melalui smartphone. Single-page website merupakan prinsip awal dari desain website yang responsif.

 

 

Parallax Background

Parallax Scrolling. Credit: Wikimedia

Efek parallax merupakan salah satu yang sering digunakan oleh kebanyakan single-page website untuk menarik kesan ‘wah’ dari para pengunjung. Istilah ‘parallax’ sesungguhnya merujuk pada desain animasi sederhana yang memberikan kesan kedalaman. Tapi, perlunya penggunaan efek parallax pada background kembali lagi kepada target audiens yang Anda tuju. Terkadang sebagian dari audiens tidak menyukai animasi yang berlebih, yang malah akan membutuhkan proses loading page yang lama.

 

Awareness Building

Credit: www.webdesignerdepot.com

Single-page website merupakan media yang tepat untuk menarik perhatian visitor melalui kemampuan storytelling. Bangun struktur yang tepat untuk menceritakan produk Anda. Dengan demikian, visitor pun akan tertarik untuk melalukan action.

 

Lantas, apa yang membuat single-page website terlihat keren?

 

 

Desain Minimalis

Credit: stevenmengin.com

Melalui tema minimalis yang biasa digunakan oleh kebanyakan single-page website, pengunjung akan dibuat penasaran pada halaman pertama. Mau tak mau, mereka harus menggeser page ke bawah untuk mendapatkan informasi lainnya.

Fokus pada Elemen Utama

 

Credit: littlethoughtspr.com

Pada single-page website, Anda dapat memberikan kesan pertama kepada visitor melalui foto produk Anda. Gunanya agar langsung memberitahu kepada mereka, benda apa yang tengah Anda jajakan melalui website tersebut.

Human Touch

 

Credit: www.createpilates.com

Memperlihatkan foto manusia sebagai background awal pada website Anda merupakan cara yang baik untuk menyambut visitor.

 

Tombol Navigasi

 

Credit: www.fraudforcesummit.com/

Walaupun single-page website tidak memiliki hierarki laman yang rumit, namun tombol navigasi dapat membantu visitor dalam menemukan bagian yang mereka cari. Pada tombol navigasi pun Anda dapat meletakkan nomor kontak yang dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan action.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan desain single-page pada website Anda?