eCommerce 101: Menarik Pengunjung Menjadi Customer

Seorang pemula di bidang usaha online pasti pernah bertanya mengenai hal ini: bagaimana cara mendapatkan lebih banyak customer? Bagaimana caranya agar dapat meyakinkan pengunjung website—dari berbagai macam latar belakang dan gaya hidup—untuk datang dan membeli produk Anda?

Ada 3 hal penting dalam eCommerce yang dapat Anda simak untuk mengubah pola pikir seseorang. Mulai dari visitor hingga menjadi consumer, atau bahkan loyal consumer.

User Interface vs User Experience

Source: Tech in Asia

Dalam website eCommerce, User Interface (UI) memiliki fungsi untuk menarik kesan pertama dari visitor. Sedangkan User Experience (UX) punya efek yang berkaitan dengan kepuasan consumer saat berbelanja.

UI/UX yang baik adalah yang dapat mengerti keinginan pelanggan. Gunakanlah desain homepage yang ramah. Jangan memuat informasi yang berlebihan, tapi sebagai gantinya Anda bisa meletakkan sebuah rak rekomendasi di laman muka.

UI/UX yang baik juga harus mengandung informasi yang singkat dan relevan. Jangan menggunakan sitemap yang kompleks sehingga membuat visitor tersesat.

UI/UX sebaiknya memberikan gambaran kepada visitor untuk setiap tahap yang harus mereka lalui. Mulai dari memilih barang hingga pembayaran, tuliskan langkah yang harus mereka lakukan hingga mencapai garis finish.

Sistem Pembayaran

Source: Tech in Asia

eCommerce dibuat untuk memperoleh kemudahan saat berbelanja. Jangan menggunakan sistem pembayaran yang berbelit. Misalnya, demi keamanan perusahaan, seringnya sebuah website eCommerce menggunakan metode kode verfikasi SMS.

Tipe metode pembayaran tersebut sangat menyusahkan. Keluhan yang sering dialami customer adalah saat mereka tidak mendapatkan kode, sehingga proses pembayaran pun menjadi terhambat.

Untuk website eCommerce di Indonesia, solusi lain yang dapat ditawarkan adalah metode pembayaran yang fleksibel. Jika dulu pembayaran online hanya dapat diakses melalui kartu kredit, kini banyak website eCommerce yang menawarkan metode pembayaran transfer bank. Bank yang menjadi rekening tujuan pun beragam, sehingga jangkauan pasar yang dituju menjadi semakin luas.

Proses Pengiriman

Source: mintstudiojkt.com

Berbicara soal berbelanja online, customer tidak hanya terpuaskan oleh tampilan website eCommerce dan sistem pembayaran yang cepat. Proses pengiriman juga menjadi komponen yang penting dalam membangun UX.

Selain tepat waktu, keutuhan dan kondisi barang pun harus menjadi pertimbangan. Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, bad delivery service adalah penyebab utama seseorang kehilangan kepercayaan pada sebuah toko online.

Sebagai solusi, gunakan sistem pengaturan inventory untuk Anda memantau alur perputaran sekaligus daftar order setiap customer. Anda juga harus pandai mencari mitra pengiriman yang menawarkan jasa dengan harga relevan dan kualitas terpercaya. Terutama pada peak season, seperti masa Lebaran, jangan biarkan kualitas pelayanan Anda terdistraksi dan memberikan pengalaman buruk kepada customer.

Dengan demikian, dengan menjalani tiga hal di atas, customer akan merasakan sebuah good experience pada toko Anda. Visitor yang tadinya hanya mencoba, tidak akan segan untuk kembali datang dan kembali berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *