Cara Jitu Menarik Pelanggan dalam Waktu Singkat

Memiliki sebuah website bukanlah sebuah jaminan bahwa bisnis online Anda akan langsung dikunjungi pelanggan. Cara konvensional seperti mengedarkan undangan kepada rekan dunia maya, mulanya dapat menjadi solusi. Tapi, bagaimana dengan selanjutnya?

Online marketing bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Tidak selamanya Anda perlu berlari mengejar konsumen. Sebaliknya, Anda tidak perlu membuang waktu dan uang untuk membuat pelanggan datang dengan sendirinya. Bahkan sembari menikmati cangkir kopi di pagi hari, Anda dapat menerapkan cara-cara jitu di bawah ini secara rutin:

 

Bangun Profil Perusahaan di Platform Online

Media sosial kini tidak hanya sebatas sebagai ruang mengobrol atau pun berbagi informasi. Situs seperti Angelist, LinkedIn, Crunchbase, bahkan Facebook dan Twitter memberikan solusi kepada Anda untuk membangun laman profil bisnis.

Dengan membuat page profil bisnis di platform-platform yang tepat, calon pelanggan Anda akan lebih mudah menemukan informasi mengenai bisnis online Anda. Bukan hanya brand Anda yang lebih dikenal, platform yang tepat akan berdampak dalam menaikkan SEO ranking website Anda.

 
Review & Testimonial

Jangan segan meminta pelanggan untuk memberikan review terhadap produk Anda. Cerita singkat mereka dapat Anda rangkum dan letakkan di laman blog mau pun page media sosial. Dengan begitu Anda dapat merebut kepercayaan pelanggan baru melalui testimonial pelanggan lain.

Ambil kesempatan dalam setiap acara yang melibatkan media. Brand Anda harus selalu aktif. Jangan sungkan untuk membuka pertemanan dengan jurnalis atau pun blogger ternama. Anda bisa menjadikan produk Anda sebagai bentuk endorsement. Dengan melakukan peliputan dan customer akan  lebih cenderung percaya dan membeli produk Anda.

Kaitkan sebuah kesuksesan dengan cerita kesuksesan lainnya. Pernahkah Anda melakukan proyek kerja sama dengan perusahaan lain? Dengan memajang logo mereka di laman blog dan website, customer akan cenderung memandang bisnis Anda sebagai bisnis yang sudah berpengalaman dan patut dicoba.

 

Opinion Leader

Dari sebuah aktivitas kecil yang dapat Anda lakukan di rumah, marketing pun bisa merambah menuju self-branding pada diri Anda, sebagai pemilik bisnis. Contohnya dengan membangun diri citra diri Anda sebagai opinion leader.

Menjadi opinon leader memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Mulanya, cobalah untuk berpartisipasi dalam forum-forum online, seperti: Yahoo Answer dan Quora. Tidak harus aktif dalam semua thread diskusi, namun cobalah untuk memberikan opini terhadap sebuah tema diskusi.

Anda juga bisa memberanikan diri Anda untuk ikut berkontribusi sebagai guest writer pada blog-blog lain. Di zaman modern, tulisan yang lebih sering dibaca adalah tulisan yang di-posting secara online. Bangun citra diri Anda sebagai opinion leader yang lebih kuat dengan sebuah postingan blog. Anda bisa berbagi mengenai pengalaman bisnis Anda, kemudian mengaitkannya dengan berita-berita atau pun pencapaian-pencapaian baru yang baru saja diraih oleh bisnis Anda. Selain itu, Anda pun bisa menarik isu terkini dan memberikan komentar yang berkaitan dengan kategori bisnis Anda.

Tidak hanya di blog yang sudah ternama, sebagai sebuah permulaan, Anda juga bisa membuat akun pada Medium dan menautkannya dengan laman blog website Anda. Medium merupakan awal yang baik untuk berkontribusi maupun menarik visitor untuk mampir ke website Anda.

 

Tidak sulit ‘kan menjalankan langkah awal untuk menarik perhatian pelanggan? Mari siapkan cangkir kopi Anda dan membuat laman profil bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *