3 Tips SEO untuk Mengoptimalkan Pendataan Produk eCommerce

Ranah eCommerce memang sedang ramai dihuni oleh pelaku bisnis. Dengan budget minim, Anda sebagai pebisnis online pasti berharap pengunjung akan langsung datang mengunjungi situs Anda. Namun, bagaimana jika ada ratusan daftar barang sejenis yang tertera pada laman browser?

Dalam membangun sebuah situs toko online, Anda perlu memperhatikan pentingnya sistem pendataan produk. Sama halnya seperti pendataan produk pada rak supermarket. Sistem pendataan yang tepat pada sebuah situs eCommerce memiliki dampak yang besar terhadap kinerja SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu sistem sederhana yang dapat digunakan untuk mempermudah pelacakan situs pada mesin browser. SEO biasa digunakan oleh situs-situs lain pada umumnya. Tapi, khusus untuk situs toko online atau eCommerce, Anda perlu memperhatikan trik-trik di bawah ini:

Deskripsi Produk

Ada dua hal yang mungkin pengunjung lakukan saat memasuki situs eCommerce Anda. Pertama, mereka mungkin sudah tahu tentang produk apa yang akan mereka beli. Tapi, yang kedua, bisa saja mereka hanya melihat-lihat dan sekadar menambah informasi.

Oleh karena itu, tulislah deskripsi produk secara lengkap. Kemudian, berikan gambaran mendetail mengenai produk yang Anda jual. Gunakan data produksi, seperti: warna, dimensi, dan ukuran produk. Lalu, lanjutkan dengan deskripsi tambahan yang berisi kalimat rekomendasi, contohnya: “sangat cocok sebagai hadiah untuk orang tua”.

Kalimat rekomendasi bisa menjadi sebuah kalimat persuasif. Informasi tambahan juga berguna untuk memberikan cuplikan dan kata kunci yang lebih spesifik pada laman mesin pencari.

Optimasi Judul Produk

Judul merupakan daya tarik utama dalam mengundang visitor pada laman browser. Oleh karena itu, Anda pun perlu menggunakan kata kunci yang tepat untuk menarik perhatian pengunjung.

Sebagai panduan menulis judul yang jitu, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Google Keyword Planner bisa membantu Anda dalam mendapatkan kombinasi kata dengan volume pencarian yang tinggi dan menemukan kata kunci yang bersifat commercial intent. Dengan demikian,  SEO pun akan lebih mudah mengarahkan visitor kepada hasil pencarian yang terbaik, yaitu menuju situs eCommerce Anda.

Berfokus pada Satu Situs

Banyak situs eCommerce yang dengan sengaja menggunakan jasa situs lain untuk menjual produk mereka. Sayangnya, melalui campur tangan pihak ketiga, rating pencarian produk Anda pun menjadi tidak maksimal. Hal ini terjadi karena  adanya kesamaan konten antara produk yang dijual pada situs Anda dengan yang dijual pada situs lain.

Kesamaan deskripsi produk bisa membuat traffic Anda menjadi buruk pada peringkat pencarian browser. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membedakan konten keduanya.

Tulislah konten orisinil untuk situs eCommerce Anda; gunakan konten dari produsen untuk menjelaskan produk tersebut apabila Anda ingin memasarkannya melalui situs lain. Dengan demikian, situs Anda tetap nampak unik di mata pembaca. Sementara Anda memasarkan produk yang sama lewat bantuan orang lain.

Melalui SEO yang baik, maka Anda akan mendapatkan hasil yang baik. Walau kerap dianggap sepele, namun melalui sedikit perbedaan dalam gaya dan teknik menulis, SEO bisa berdampak signifikan pada bisnis online Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *